Summon di Final Fantasy Berdasarkan Legenda di Dunia Nyata

Inilah beberapa summon Final Fantasy yang berdasarkan legenda-legenda di dunia nyata

1. Ifrit

Ifrit adalah monster summon yang menjadi langganan di setiap seri FF. Ifrit adalah jin yang cukup kuat untuk mengendalikan api yang dapat menghanguskan bumi sekalipun. Senjata pamungkasnya yang paling terkenal adalah Hell Fire. Digambarkan sebagai monster yang memiliki 2 tanduk dan ada api yang menempel di tubuhnya.


Ifrit sendiri muncul dalam literatur Islam sebagai jin dari neraka. Ifrit adalah bangsa jin yang tidak abadi. Konon jika mereka terluka, darahnya akan membakar tubuhnya sendiri hingga tewas. Ifirit terkenal sebagai makhluk yang paling sombong karena mereka adalah bangsa jin yang pertama dikirim ke bumi oleh Tuhan.

2. Shiva

Shiva merupakan Eidolon dengan elemen es (ice element). Shiva digambarkan sebagai seorang wanita sexy dengan kulit berwarna biru pucat yang ditutupi lapisan es. Senjata pamungkasnya ialah Diamond Dust. Shiva mendapat posisi dalam FF dengan elemen es karena dalam bahasa Jepang dilafalkan dengan kata shiver.


Shiva merupakan salah satu dewa tertinggi agama Hindu yang melambangkan hidup dan mati. Menurut legenda Hindu, Shiva mendapatkan kulit birunya karena meminum racun untuk menyelamatkan dunia. Shiva adalah salah satu dewa yang berjenis kelamin ganda (pria dan wanita), walaupun lebih sering digambarkan sebagai pria.


3. Ramuh

Ramuh adalah penyihir lanjut usia yang membawa kekuatan petir yang mematikan. Jurus yang paling khas ialah Judgment Bolt. Ramuh merupakan monster summon dengan elemen petir (thunder element).


Ramuh pernah disebutkan dalam karangan Hindu legendaris yang ditulis oleh Empu Walmiki, yaitu epos Ramayana. Disebutkan bahwa Rama merupakan jelmaan dari Dewa Wisnu. Penggabungan wujud dari Rama dan Wisnu inilah yang digambarkan sebagai Ramuh (walaupun belum dinyatakan secara sah).


4. Odin

Odin juga merupakan monster summon langganan dalam seri FF. Digambarkan sebagai Ksatria legendaris yang menunggang kuda kesayangannya. Senjata ampuhnya yaitu Zantetsuken (yang langsung membunuh semua musuh dalam sekali serang) dan Gungir. Odin merupakan monster summon tanpa element.


Odin sendiri berasal dari mitologi Nordik sebagai dewa pengetahuan, penyair, perang dan kematian. Memiliki dua saudara, Vili dan Ve dan beranakan Thor. Odin adalah pelayan dari Ksatria Wanita yang dikenal sebagai para Valkyries (yang mengontrol pertempuran dan membawa yang gugur dari medan tempur). Odin mengorbankan mata kirinya untuk meminum air dari Sumur Mimir dan mendapatkan pengetahuan tentang masa lalu, sekarang dan masa depan. Kuda berkaki delapan miliknya, Sleipnir merupakan kuda yang mampu terbang melintasi langit. Dan senjata favoritnya ialah Gungir (tombak).


5. Titan

Titan adalah Eidolon yang sempat muncul di beberapa seri FF. Dengan wujud seorang raksasa berkulit gelap dan memiliki elemen bumi (earth element). Jurus andalannya adalah Gaia's Wrath.


Titan sendiri merupakan penyebutan untuk dewa-dewi yang telah lanjut usia (Elder Gods) dalam mitologi Yunani. Titan merupakan dewa-dewi yang pernah menguasai bumi hingga akhirnya digantikan oleh dewa-dewi yang lebih muda.


6. Leviathan

Salah satu monster yang muncul di setiap seri FF. Leviathan adalah ular laut raksasa yang menguasai semua yang hidup di laut. Elemennya adalah air (water element). Jurus favoritnya ialah Tidal Waves (Tsunami).


Leviathan pernah disebutkan dalam Injil sebagai makhluk laut paling besar yang pernah ada. Tidak ada penggambaran jelas mengenai wujud Leviathan yang sebenarnya. Dalam era pelayaran, Leviathan digambarkan sebagai paus biru. Dalam beberapa literatur Yahudi, Leviathan digambarkan sebagai naga laut (kadang-kadang memiliki banyak kepala, dan mampu menyemburkan api). Konon, Leviathan diciptakan pada hari ke-5 saat penciptaan bumi. Disebtukan bahwa pada akhir zaman, Tuhan akan membuatkan perkemahan dari kulit Leviathan untuk tempat tinggal orang yang percaya pada-Nya. Dalam era modern, Leviathan dipercayai sebagai perwujudan dari Buaya sungai Nil.


7. Bahamut

Lagi-lagi salah satu Eidolon yang muncul di berbagai seri FF. Bahamut digambarkan sebagai naga raksasa tanpa elemen, dengan jurus andalan Mega Flare. Bahamut adalah raja dari para naga, sekaligus penguasa langit. Juga merupakan Eidolon dengan tingkat paling tinggi.


Bahamut muncul dalam mitologi pra-Islam Arab dengan wujud ikan raksasa (mahabesar). Di belakang Bahamut ada seekor makhluk bernama Kjata (salah satu Eidolon dalam FF). Versi lain dari Bahamut dalam mitologi Arab, dia digambarkan sebagai naga yang berdiri di atas seekor paus yang disebut Liwash.


8. Sylph

Sylph muncul hanya dalam beberapa seri FF. Sylph merupakan monster summon yang bertugas untuk menyembuhkan para hero yang terluka (healing). Sylph memiliki elemen udara (air element) dengan jurus utama Whispering Wind.


Sylph atau bisa juga disebut Sylphid adalah makhluk mitologi bangsa barat. Sylph pertama kali dikemukakan oleh seorang alchemist yang bernama Paracelus. Disebutkan bahwa Sylph adalah makhluk yang tak terlihat layaknya udara. Namun, jejak para Sylph dapat terlihat. Seperti contoh gambar di bawah ini.


9. Ashura

Ashura muncul hanya dalam seri FF IV sebagai ratu para Eidolon yang tinggal bersama Leviathan di Feymarch. Asura adalah monster summon pemulih (healing) dengan penggambaran wanita yang memiliki tiga wajah dan enam tangan.


Dalam Hinduisme, Ashura atau juga disebut Asuras adalah sekelompok dewa yang haus akan kekuatan(kadang dilambangkan dengan dosa dan materialistis). Para kaum Daitya dan Danava diketahui sebagai para Asura yang selalu menentang kaum Deva.


10. Goblin

Goblin biasanya muncul sebagai monster level bawah yang menjadi lawan para hero. Namun dalam FF IV, Goblin muncul dalam bentuk Eidolon juga. Jurus utamanya ialah Goblin’s Punch.


Goblin adalah makhluk yang paling terkenal di cerita legenda hampir di seluruh dunia. Digambarkan sebagai makhluk yang jahat atau suka memiliki konflik dengan makhluk hidup lain. Di legenda barat, Goblin identik dengan para Brownie dan Gnome (sebangsa kurcaci). Umumnya, Goblin memiliki tubuh kecil dengan kulit warna hijau lumut. Dalam salah satu legenda, Goblin digambarkan sebagai kaum dengan kemampuan membuat barang-barang dari logam. Barang-barang ciptaan Goblin adalah barang langka dengan keistimewaan yang berbeda-beda. Pernah ada yang menyebutkan bahwa pedang legendaris Excalibur merupakan mahakarya para Goblin.


11. Cockatrice

Cockatrice muncul sebagai monster summon hanya dalam FF IV. Seperti biasanya, dia digambarkan sebagai burung dengan kemampuan petrifaction (membuat benda hidup menjadi batu). Cockatrice identik dengan elemen petir.



Cockatrice populer pada akhir abad ke-12 dan lenyap di tengah abad ke-17. Cockatrice digambarkan sebagai naga berkaki dua dengan kepala ayam. Disebutkan bahwa Cockatrice lahir dari telur ayam yang dierami oleh katak. Kemampuan istimewanya ialah tatapan maut (death gaze). Barang siapa menatap mata Cockatrice secara langsung maupun tak langsung, akan berubah menjadi batu. Bahkan jika kita menyentuh atau terkena nafas dari makhluk ini, kita berubah menjadi batu. Cockatrice akan mati seketika jika dia mendengar suara kokok ayam jantan atau melihat pantulan matanya sendiri dari cermin. Layaknya kisah medusa, mata Cockatrice tetap dapat membuat orang menjadi batu sekalipun telah mati. Versi lain dari Cockatrice adalah dia berwujud ular raksasa atau yang lebih dikenal sebagai Ular Basilisk.


12. Golem

Golem dengan elemen bumi ini muncul sebagai Eidolon hanya di beberapa seri FF. Kemampuan spesialnya, Earth Wall mampu melindungi para hero dari serangan langsung (physical attacks). Golem digambarkan sebagai manusia yang terbuat dari batu.


Di dongeng-dongeng Yahudi, Golem diciptakan dari tanah liat oleh Tuhan digambarkan serupa dengan-Nya, dan diberi nama Adam. Sedangkan di era modern, dikisahkan bawha Golem diciptakan dari benda-benda mati yang dihidupkan dengan mantra tertentu. Layaknya manusia yang baru lahir, Golem tidak mengerti apa-apa. Dia harus diajari terlebih dahulu. Konon, beberapa penyihir abad pertengahan menciptakan Golem sebagai penjaga di kediaman mereka. Mereka sangat sukar dibunuh kecuali dibacakan mantra khusus untuk me-non-aktifkannya kembali.


13. Catoblepas

Catoblepas muncul dalam berbagai seri FF namun dengan wujud yang berbeda. Namun penggambaran tentang Catoblepas yang asli adalah monster besar dengan wujud seperti babi. Catoblepas dalam FF IV diwujudkan sebagai Eidolon dengan kemampuan Evil Eye (petrifaction).


Catoblepas dalam mitologi Yunani, adalah makhluk legenda yang berasal dari Ethiopia. Digambarkan sebagai binatang dengan badan berupa kerbau dan kepala berupa babi liar yang selalu menghadap ke bawah. Konon kepala Catoblepas lebih berat dari badannya sendiri sehingga mereka selalu menghadap ke bawah. Dan layaknya Cockatrice, siapapun yang melihat matanya akan mati membatu seketika. Catoblepas pernah muncul dalam catatan Leonardo da Vinci dengan deskripsi sebagai berikut: “mereka ditemukan di Ethiopia dekat Nigricapo. Mereka tidak terlalu besar, terlihat lemas dan kepalanya begitu besar sehingga selalu tergeletak di atas tanah. Merupakan tantangan besar jika seseorang berhasil mengambil matanya”.Jika dilihat dari ciri-ciri fisknya, Catoblepas sangat identik dengan Bison (sejenis banteng).


14. Phoenix

Satu lagi Eidolon paling unik yang muncul di banyak seri FF. Phoenix digambarkan sebagai burung api dengan jurus khas Flame of Rebirth (membakar semua musuh dan menghidupkan hero yang telah mati).


Phoenix merupakan makhluk mitologi yang muncul hampir di seluruh penjuru dunia seperti Arab, Persia, Yunani, Roma, Mesir, Cina, India dan Phoenician. Mereka adalah burung suci dengan bulu yang berwarna-warni (tergantung dari legenda setempat). Masa hidupnya sekitar 500-1000 tahun dan pada akhir hayatnya, mereka akan membangun sarang dari ranting dan akan membakar dirinya menjadi abu. Dari dalam abu inilah kemudian lahir seekor Phoenix baru sehingga mereka merupakan salah satu makhluk yang abadi. Konon, air mata Phoenix dapat digunakan untuk menyembuhkan luka/penyakit yang paling parah sekalipun. Dalam zaman modern, ciri-ciri fisik Phoenix identik dengan burung merak atau cendrawasih.


15. Kirin

Kirin memiliki elemen cahaya (holy element) dengan kemampuan special Life Guard (memulihkan hit points hero secara berkala). Kirin muncul di sedikit seri FF dan digambarkan seperti kuda putih bersisik dengan tanduk seperti rusa.


Kirin berasal dari mitologi Asia dengan nama Qilin. Digambarkan sebagai makhluk dengan kepala seperti naga, tanduk seperti rusa, sisik seperti ikan, kuku seperti banteng dan ekor seperti singa. Qilin adalah makhluk suci, kemunculannya merupakan pertanda akan hadirnya orang bijak. Dikenal juga sebagai Unicorn Cina (kita mengenalnya sebagai Barongsai). Kirin sempat disebutkan sebagai kendaraan Ibnu Batuta (seorang pengembara Muslim) saat berkunjung ke Cina.


16. Siren

Siren biasanya muncul sebagai musuh di beberapa seri FF. Tapi di beberapa seri seperti FF VI, VIII, XII dan XIII, Siren muncul sebagai monster summon dengan jurus Silent Voice (agar musuh tidak bisa menyerang dengan magic). Digambarkan sebagai wanita cantik yang selalu membawa harpa.


Siren muncul dalam mitologi Yunani sebagai salah satu kaum nimfa (hidup di lautan) dan tinggal di pulau yang dikelilingi oleh batu karang. Konon, alunan lagu dari Siren ini mampu membuai siapa saja yang mendengarnya. Itulah sebabnya mengapa banyak peristiwa kapal tenggelam sesaat setelah mendengar suara Siren. Karena ketika para pelayar mendengar nyanyian para Siren, mereka seolah terhipnotis untuk mencari sumber suaranya (padahal pulau tampat tinggal Siren dikelilingi batu karang). Siren juga identik dengan malapetaka. Pada awalnya, gambaran Siren adalah burung dengan kepala besair dan kaki yang bersisik. Kemudian dilukiskan sebagai wanita dari pinggang ke atas, sedangkan pinggang ke bawah berupa burung (kadang tidak memiliki sayap). Namun pada era pelayaran, Siren digambarkan sebagai wanita-wanita cantik dan sexy (kadang sebagai duyung) yang selalu menggoda para pelayar


17. Unicorn

Unicorn muncul sebagai Eidolon dalam FF V dan VI sebagai kuda putih bertanduk dengan kemampuan Healing Horn (mengembalikan hit points dan magic points yang berkurang untuk hero).


Unicorn adalah makhluk legendaris dengan wujud kuda putih bertanduk. Unicorn sendiri sangat terkenal di seluruh penjuru dunia dan seringkali digambarkan sebagai makhluk yang bersahabat dengan manusia. Tanduk Unicorn adalah barang mistik yang sangat langka dan melambangkan kejantanan. Konon, bagi siapapun yang meminum darah Unicorn, dia akan hidup abadi.


18. Seraphim

Seraphim hanya mucul dalam FF VI. Digambarkan sebagai seorang malaikat yang memiliki kemampuan Healing Feather (mengembalikan hit points hero hingga penuh).


Seraphim atau Seraph adalah makhluk Surga yang muncul dari kepercayaan Kristiani dan Yahudi. Seraphim digambarkan sebagai malaikat yang memiliki enam sayap dimana keempat sayap digunakan untuk menutupi tubuhnya. Seraphim merupakan penyebutan untuk malaikat Tuhan dengan tingkat paling tinggi (ultimate rank).


19. Fenrir

Fenrir merupakan monster summon dengan perwujudan serigala raksasa. Fenrir hanya muncul di sedikit seri FF. Biasanya elemennya adalah bumi.


Dalam mitologi Nordik, Fenrir adalah seekor serigala raksasa. Fenrir pernah disinggung dalam Puisi Edda (kumpulan puisi pada abad ke-13) yang dikarang oleh Snorri Sturluson. Diceritakan bahwa Fenrir merupakan anak dari Loki yang diramalkan akan membunuh Odin dalam perang Ragnarok (namun dia akan dibunuh oleh anaknya Odin, Vidarr, dengan tangan kosong). Konon, para dewa berusaha mengikat Fenrir karena dia tumbuh begitu cepat dan sangat ganas, sehingga ditakutkan akan membawa bencana besar. Dalam usahanya, dewa Tyr harus kehilangan tangan kanannya akibat gigitan Fenrir.


20. Alexander

Alexander adalah Eidolon terbesar dengan gambaran seperti robot raksasa namun dengan bentuk tubuh seperti sebuah kerajaan. Senjata utamanya adalah Divine Judgement dengan elemen cahaya.


Alexander sendiri adalah nama dari seorang pahlawan Yunani yang lebih dikenal sebagai Alexander Yang Agung (The Great Alexander). Dia adalah seorang raja dari Makedonia, sebelah utara Yunani Kuno. Dia adalah murid dari Aristotle sampai menginjak usia 16. Pada usia yang ke 30, dia menciptakan kerajaan Kuno terbesar di dunia. Dimulai dari Laut Ionian sampai ke Himalaya. Dia tak terkalahkan dalam perang dan merupakan salah satu pemimpin paling bersejarah. Karena luasnya kerajaan Alexander inilah makanya FF mengambilnya sebagai monster summon berbentuk kerajaan.


21. Raiden

Raiden hanya muncul dalam FF VI sebagai perwujudan level tinggi dari Odin. Jurus andalannya ialah Shin-Zantetsuken dengan tambahan elemen petir.


Raiden atau Raijin dalam bahasa Jepang adalah Dewa Petir. Dia merupakan dewa mitologi dalam agama Shinto. Namanya diambil dari kata ‘rai’ (petir) dan ‘shin’ (dewa). Biasanya digambarkan seperti setan yang menabuh drum untuk menciptakan petir.


22. Gilgamesh

Gilgamesh sempat muncul di FF IV sebagai lawan namun akan membantu para hero di akhir cerita. Gilgamesh adalah Eidolon yang muncul dengan jurus yang berbeda-beda.


Gilgamesh adalah nama seorang raja dari benua Sumeria yang hilang (atau yang lebih dikenal sebagai Uruk). Memimpin pada tahun 2650 SM. Dia juga merupakan tokoh utama dalam Epic of Gilgamesh, yaitu sebuah literature kuno yang diperkirakan berumur sekitar 2000 tahun SM. Epic of Gilgamesh bercerita tentang seorang raja keturunan demigod (setengah manusia, setengah dewa) dan orang bengis yang bernama Enkidu (dikirim untuk membunuh Gilgamesh). Setelah pertarungan di antara keduanya, Gilgamesh berhasil mengalahkan Enkidu. Namun mereka justru menjadi sahabat dan melewati banyak petualangan legendaris. Dia juga terkenal sebagai Ksatria yang menggunakan perlengkapan legendaries bernama Genji. Dalam kepercayaan Jepang sendiri, Gilgamesh dikaitkan sebagai Benkei (master pedang saat itu) yang selalu mengumpulkan senjata dari musuh-musuhnya yang kalah. Disebutkan bahwa Benkei sudah memiliki 999 senjata dan ketika dia bertarung dengan orang yang bernama Yoshitune, dia kalah. Dia kemudian mendampingi Yoshitune di berbagai petualangan. Mungkin inilah sebab kenapa Gilgamesh dalam FF memiliki jurus yang berbeda tergantung dengan jenis senjata yang dipakai.


23. Lakshmi

Lakshmi hanya muncul dalam FF VI sebagai monster summon yang memilki jurus Alluring Embrace (healing). Pada versi asli (Jepang), Lakshmi digambarkan sebagai wanita dengan tubuh telanjang dan ditutupi kabut putih. Namun pada versi Amerika, kostumnya diganti dengan dress berwarna biru.


Lakshmi adalah dewi dalam kepercayaan Hindu. Dikenal juga dengan nama Gujarati, Tamil, Latchumi, Telugu atau Lakumi. Dia adalah dewi yang melambangkan kekayaan, pengetahuan, keberuntungan, kesuburan, dermawan dan keberanian. Dan digambarkan dengan kecantikan, belas kasih dan sensualitas. Dia dipercayai untuk melindungi pengikutnya dari segala kesengsaraan yang berhubungan dengan uang.


24. Diablos

Diablos muncul sebagai Eidolon dalam FF VIII dengan elemen waktu (time elements). Jurus pamungkasnya bernama Dark Messenger. Diablos didapatkan dengan bertarung melawannya jika telah memiliki Magic Lamp.


Diablos adalah bahasa Yunani asli yang berarti iblis, namun ketika masuk dalam berbagai bahasa, Diablo juga berarti penuduh atau pemfitnah. Dalam kepercayaan Kristiani, Diablos (merupakan terjemahan dari Diabolos) adalah perwujudan iblis seperti: Satan, Lucifer, Beelzebub, Mephistopheles dan lain-lain. Konsep pemanggilan Diablos dikaitkan sebagai jin dalam kepercayaan Islami (mirip dengan Ifrit). Biasanya ketika kita berhasil memanggil jin ini, mereka akan memberikan permintaan untuk kita.


25. Kjata

Kjata atau Kujata adalah Eidolon dalam FF VII yang memiliki 3 elemen (es, api dan petir). Jurus andalannya bernama Tetra Disaster.


Kujata berasal dari mitologi Arab bersama Bahamut. Disebutkan bahwa dia berbentuk banteng dan memiliki 4000 mata, telinga, mulut, hidung, lidah dan kaki yang berjarak 500 tahun setiap bagian (ex: mata dengan mata). Di belakang Kujata adalah gunung raksasa bernama Ruby dan di atas gunung ada seorang malaikat yang membawa 6 neraka, bumi dan 7 surga.


26. Hades

Hades hanya muncul dalam sedikit seri FF. Memiliki elemen racun (poison elements).


Hades berasal dari mitologi Yunani sebagai saudara dari Zeus dan Poseidon, merupakan anak dari Cronus dan Rhea, yang menguasai alam bawah/neraka (underworld). Dia merupakan yang tertua dari 3 dewa bersaudara yang berhasil mengalahkan Titan sebelumnya dan akhirnya menguasai manusia.
Dalam Romawi, Hades dikenal sebagai Plouton/Pluto. Dalam teori Kristiani, Hades sendiri merupakan kata yang bermakna kematian. Hades memiliki makhluk raksasa ciptaannya yang bernama Kraken.



27. Typhoon

Typhoon juga hanya muncul dalam FF VII sebagai monster yang memiliki dua kepala dan berelemen udara (wind element).


Typhoon adalah dewa dalam mitologi Yunani yang merupakan anak dari Gaia dan Tartarus. Typhoon menikah dengan Echidna (ratu para monster) dan mempunyai anak-anak monster seperti Cerberus. Disebutkan bahwa dia mencoba membunuh Zeus untuk menggantikan kedudukannya, namun gagal. Dia dipenjara dibawah Gunung Etna.


28. Knights of the Round

Merupakan Eidolon tertinggi (ultimate summon) yang digambarkan sebagai 13 Ksatria yang akan menyerang semua musuh satu per satu. Memiliki banyak elemen (tergantung dari tiap Ksatria). Untuk mendapatkannya, harus berkunjung di sebuah pulau terpencil di utara belahan dunia dengan menunggangi Golden Chocobo.


Knights of the Round Table adalah karakter-karakter dalam legenda Raja Arthur. Mereka adalah Ksatria terbaik di Kerajaan Raja Arthur dan tinggal di kastil Camelot. Mereka disebut Ksatria Meja Bundar karena dalam kastil Camelot terdapat sebuah meja berbentuk bundar sempurna yang digunakan untuk rapat dan telah disumpah untuk mematuhi segala tugas yang diberikan. Meja Bundar sendiri digunakan sebagai lambang bahwa semua Ksatria yang ada disitu berderajat sama.

sumpah Ksatria

Berikut sumpah-sumpah yang harus dipatuhi:
1.Jangan pernah menyakiti hati ataupun membunuh
2.Selalu hindari pengkhiantan
3.Tidak boleh menunjukkan kekejaman melainkan harus mengampuni
4.Selalu dahulukan wanita, orang tua dan janda
5.Jangan pernah melukai wanita, orang tua ataupun janda
6.Jangan pernah bertarung atas nama cinta dan kesalahan perkataan


29. Quetzalcoatl

Quetzalcoatl adalah summon dasar dalam FF VIII dengan elemen petir. Digambarkan sebagai monster bersayap yang memiliki jurus Thunder Storm.


Quetzalcoatl merupakan dewa utama dalam kepercayaan Mesoamerika kuno (Mayan). Nama aslinya adalah Quetzalcōhuātl yang berarti ‘ular berbulu’. Dalam beberapa cerita, Quetzalcoatl adalah dewa yang memberikan suku Maya pengetahuan dan kalendar kuno yang sangat terkenal hingga sekarang. Biasanya dalam pemujaannya, sang kepala suku harus memberikan sebuah persembahan berupa jantung manusia.


30. Brothers

Brothers merupakan summon paling konyol dalam FF. Brothers terdiri dari 2 kakak beradik bernama Sacred dan Minotaur yang memiliki elemen bumi. Ironisnya, tubuh Minotaur sebagai yang lebih tua, justru lebih kecil daripada adiknya, Sacred. Jurus ampuhnya bernama Brotherly Love dan merupakan jurus paling konyol dalam sejarah FF.


Minotaur berasal dari mitologi Yunani yaitu diwujudkan sebagai manusia dengan kepala banteng. Wujud ini merupakan kutukan atas Minos, Raja Kreta.
Berawal dari banteng yang harusnya diberikan sebagai persembahan kepada Poseidon, dia sembunyikan sehingga Poseidon murka. Dia menjatuhkan kutukan kepada istri Minos, Pasifae yang dibuat jatuh cinta kepada banteng tersebut. Pasifae yang benar-benar telah terbuai, meminta kepada Daidalos untuk dibuatkan tiruan banteng betina.
Dia kemudian masuk dalam tiruan banteng tersebut dan bercinta dengan banteng persembahan. Dari hasil hubungannya tersebut, Minotaur lahir. Minotaur sendiri diletakkan dalam sebuah labirin yang sangat rumit yang dibuat oleh Daidalos. Setiap tahun, penduduk kota Athena harus mengirimkan 7 pemuda dan 7 gadis sebagai korban agar tidak diserang oleh Kerajaan Kreta. Minotaur akhirnya dibunuh oleh Thesus (salah satu pahlawan Yunani) yang menyamar menjadi salah satu korban. Sebelumnya,Thesus diberi sebuah pedang dan gulungan benang oleh putri Raja Kreta. Thesus menggunakan benang itu sebagai tanda agar tidak tersesat dalam labirin.



31. Pandemona

Pandemona merupakan monster summon yang hanya muncul dalam FF VIII dengan elemen udara. Jurusnya adalah Tornado Zone.


Pandemona sendiri diambil dari kata Pandemonium, sebuah nama tempat yang diberikan oleh seorang penyair abad 17, John Milton, yaitu Ibu Kota Neraka dalam karangan legendarisnya yang berjudul Paradise Lost. Merupakan sebuah tempat di Neraka, dimana semua penghuninya adalah para iblis dan setan level tinggi. Disebutkan bahwa Pandemonium dibangun oleh malaikat yang sebelumnya telah mendesain Surga namun dia diturunkan ke bumi, adalah Mulciber (dewa orang Roma).


32. Cerberus


Cerberus biasanya muncul sebagai musuh dalam seri FF. Namun Cerberus juga muncul sebagai monster summon dengan jurus Counter Rockets.


Cerberus atau dikenal juga dengan nama Kerberos adalah perwujudan seekor anjing berkepala tiga yang menjaga pintu masuk ke Underworld (neraka) milik Hades, dalam mitologi Yunani. Dia merupakan anak dari Typhoon dan Echidna dengan bentuk yang mengerikan. Konon, Cerberus boleh membiarkan siapa saja masuk ke Underworld, namun tidak akan membiarkan seorangpun keluar.


33. Tonberry

Layaknya Cerberus, Tonberry pada umumnya muncul sebagai musuh yang kuat. Namun di FF VIII ini, Tonberry muncul sebagai monster summon. Tonberry digambarkan sebagai amfibi/ikan yang berjalan dimana salah satu tangan membawa sebuah lentera dan tangan lainnya membawa sebilah pisau yang disebut Chef’s Knife.


Tonberry adalah makhluk yang mungkin terinspirasi dari kisah Will of the Wisps. Merupakan sebuah kisah horror dimana hantu berwujud bola cahaya yang melayang (biasanya di atas permukaan air). Mereka adalah arwah dari orang yang telah meninggal. Dalam abad 19, kisah yang mengadaptasi Will of the Wisps, adalah Jack of the Lantern.
Berawal dari seorang petani malas yang bernama Stingy Jack, dia dituduh mencuri koin dari penduduk. Kemudian dia kabur, namun dia bertemu iblis yang mengatakan bahwa waktunya dia meninggal telah tiba. Namun, Jack meminta sebuah permintaan terakhir yaitu menyuruh iblis berubah menjadi koin agar dia selamat dari amukan penduduk desa. Sang iblis menurutinya, dia berubah menjadi koin dan masuk ke dompet Jack. Jack senang sekali karena dia berhasil mengelabui sang iblis agar dia tak diambil nyawanya. Sang iblis akhirnya menawarkan sebuah permintaan agar dia cepat dibebaskan. Jack meminta agar iblis jangan pernah mengambil nyawanya. Akhir kisah, Jack hidup penuh dengan dosa dimana Surga dan neraka sudah tidak mau menerimanya. Jack berkata bahwa dia tidak bisa melihat tempat2 yang dia tuju. Sang iblis mengejeknya dan mengambilkan sebuah bara api dari neraka yang tidak akan padam. Jack kemudian mengambil sebuah labu (makanan favoritnya) dan mengukirnya. Dia meletakkan bara api itu di dalamnya dan kemudian dia melanjutkan berjalan mengelilingi dunia hingga akhir zaman.


34. Eden

Eden adalah ultimate summon dalam FF VIII. Jurusnya, Eternal Breath merupakan penampilan paling lama dalam video summon di FF VIII. Diperkirakan Eden adalah salah satu Garden kuno yang hilang.


Eden merupakan sebuah nama yang seringkali disebut sebagai tempat pertama Adam dan Hawa. Sebuah taman dimana diapit oleh 4 sungai (Pishon, Gihon, Tigris dan Efrat) serta 3 daerah (Havilah, Assyria dan Kush). Disebutkan dalam Injil bahwa dalam taman Eden ada sebuah pohon yang bernama Pohon Pengetahuan yang Baik dan yang Buruk. Barang siapa memakan buah dari pohon itu, dia akan mendapat pengetahuan. Hawa yang dihasut oleh iblis yang menjelma menjadi ular, memakan buah dari pohon itu beserta Adam. Akhirnya Tuhan mengusir mereka dari taman Eden dan oleh karena itu mereka harus bekerja keras jika ingin mendapatkan makanan. Tuhan menutup pintu masuk ke Eden dengan menyuruh seorang Kerubim yang membawa pedang api agar tak seorangpun masuk ke Eden. Karena di taman Eden masih ada sebuah pohon terlarang yang bernama Pohon Kehidupan (The Tree of Life). Banyak orang yang berspekulasi bahwa Eden berada di sekitar Iraq (Mesopotamia).


35. Ark

Ark adalah Eidolon dengan bentuk sebuah kapal terbang (air-ship) dan merupakan penampakan video summon paling lama (2 menit). Ark muncul hanya dalam FF IX dan memiliki jurus yang disebut Eternal Darkness.


Ark (kapal) sendiri terinspirasi oleh Bahtera Nabi Nuh yang digunakan untuk mengangkut Nabi Nuh beserta keluarga dan semua binatang satu pasang pada saat terjadi air bah. Dalam Injil disebutkan bahwa saat itu Tuhan murka dengan perilaku manusia, Dia ingin memusnahkan manusia dari bumi. Namun Tuhan melihat Nuh masih taat kepadaNya dan Dia menyuruh Nuh untuk membuat sebuah bahtera (kapal) yang dihitung secara matematis memiliki panjang 137.2 meter, lebar 22.9 meter dan tinggi 13.7 meter.


36. Valefor

Valefor muncul sebagai monster summon hanya di FF X oleh Yuna. Jurus pamungkasnya Sonic Wings mempunyai elemen udara. Valefor digambarkan sebagai manusia burung.


Dalam ajaran ilmu sesat, Valefor/Valefar adalah komander dari neraka. Dia selalu menggoda manusia untuk melakukan perbuatan pencurian dan memiliki hubungan yang erat dengan para pencuri/perampok. Dia terkenal dengan sosok iblis yang paling familiar kepada manusia. Dia juga memimpin 10 legiun pasukan iblis. Biasanya digambarkan sebagai singa berkepala manusia atau singa dengan kepala keledai. Valefar juga terkenal dengan nama lain seperti Malaphar, Malephar dan Valafar.


37. Ixion

Ixion adalah monster summon dalam FF X yang memiliki elemen petir. Senjata favoritnya adalah Thor’s Hammer.


Ixion muncul dalam mitologi Yunani sebagai anak dari Ares, Antion atau Phlegyas. Dia adalah raja dari Lapiths (suku kuno dari Thessaly). Ixion menikahi Dia, anak dari Deioneus dan menjajikan kepada mertuanya itu sebuah hadiah yang sangat berharga. Entah bagaimana dia tidak dapat menepatinya sehingga Deioneus mengambil beberapa tanduk Ixion sebagai gantinya. Dia menyembunyikan kemarahannya dan dia mengajak mertuanya untuk makan di Larissa. Ketika Daioneus tiba, Ixion mendorongnya kedalam ranjang berisi bara api dan kayu. Dia merupakan yang pertama dalam mitologi Yunani, sebagai orang yang membunuh mertuanya. Dan dia mendapat hukuman berat dari para dewa.


38. Yojimbo

Yojimbo merupakan summon paling unik dalam FF X, karena dibanding dengan Eidolon lain, kita harus mengendalikan Yojimbo bertarung ketika dia dipanggil. Digambarkan sebagai seorang ahli pedang yang mengenakan pakaian berwarna merah.


Yojimbo merupakan karakter fiksi Jepang tentang seorang master samurai yang berkelana dan tiba di sebuah desa yang butuh penjaga. Karena penguasa saat itu yang semena-mena, Yojimbo harus melindungi desa tersebut. Dalam bahasa Inggris, Yojimbo berarti pengawal.


39. Garuda

Garuda hanya muncul dalam FF XI sebagai Eidolon dengan elemen udara dan jurus andalan Aerial Armor.


Garuda adalah makhluk legendaris dalam mitologi Hindu dan Budha. Digambarkan sebagai manusia yang memiliki paruh dan sayap burung elang, berkulit emas serta berwajah putih, sayapnya berwarna merah. Dia adalah raja dari para burung, anak dari Kasyapa dan Winata. Garuda juga musuh bagi para ular karena ibunya pernah bertengkar dengan Kadru (ibu para ular). Konon, sinar dari Garuda sangat terang sehingga para dewa mengira bahwa dia Agni (Dewa Api), sehingga para dewa memujanya. Dalam Kitab Mahabharata disebutkan bahwa Garuda diperbolehkan memangsa manusai kecuali kaum Brahmana. Namun, suatu ketika dia pernah memangsa salah satu kaum Brahmana yang mengakibatkan tenggorokannya terbakar dan dia memuntahkannya kembali. Garuda juga pernah bertarung melawan Dewa Indra karena mencuri pusaka para dewa dengan tujuan membebaskan ibunya dari Kadru. Dewa Indra berhasil merebut kembali pusakanya namun sebagai gantinya dia harus terluka parah dan senjatanya rusak. Garuda juga terkenal di berbagai negara seperti Jepang (Karura), Thailand (Pha Krut) dan Indonesia (Garuda).


40. Midgardsormr

Midgardsormr adalah Eidolon dengan elemen bumi yang muncul dalam FF VI. Digambarkan sebagai ular raksasa.


Midgardsormr atau lebih dikenal dengan nama Terrato, berasal dari mitologi Nordik (yang merujuk pada arti Dunia Ular). Midgardsormr juga dikenal dengan nama Jormungandr karena ukurannya yang begitu besar, bahkan dia dapat melingkari bumi hingga kepalanya dapat bertemu dengan ekornya. Dia adalah anak dari Loki dan Angrboda. Odin melemparkannya ke dalam lautan dan diramalkan akan bertarung dengan Thor dalam perang Ragnarok. Konon, Thor akan membunuh Terrato, namun racunnya menyebar ke seluruh dunia dan akan membunuh Thor juga.


41. Chocobo

Chocobo adalah monster summon paling lucu di FF. Biasanya Chocobo menjadi teman setia hero di beberapa seri. Namun juga muncul sebagai monster summon. Chocobo memiliki elemen udara dengan jurus favorit Choco Kick.


Chocobo adalah binatang fiksi yang terinspirasi oleh “horseclaws”, seekor binatang imajinasi karya Miyazaki Nausicaa. Kalau di dunia nyata cirri-ciri Chocobo hampir mirip dengan burung unta. Selain mereka lebih suka berlari dari pada terbang, mereka juga menjadi kendaraan orang-orang dalam FF.


42. Anima

Anima adalah ultimate summon dalam FF X dengan jurus andalan bernama Oblivion. Wujud Anima sangat mengerikan, dan juga merupakan salah satu Esper unik karena kita bisa mengendalikannya saat dipanggil.


Anima merujuk pada Anima Sola, sebuah penggambaran tentang arwah yang dikurung dalam api pencucian, dalam kepercayaan Katolik Roma. Seringkali dilukiskan dengan figure perempuan yang kedua tangannya dirantai dan sedang dibakar di dalam ruangan yang mirip seperti penjara. Anima Sola juga memiliki makna “jiwa yang kesepian”. Dalam ilmu voodoo, Anima Sola digunakan untuk memohon mengembalikan seseorang dengan cara arwah yang dipanggil akan menyiksa alam bawah sadar orang yang kita tuju sampai dia tidak memiliki pilihan lain kecuali kembali kepada kita.

43. Belias, the Gigas

Belias adalah Esper yang muncul dalam FF XII sebagai simbol dari zodiac Aries. Dengan elemen utama api dan jurus andalan Hell Fire. Belias juga salah satu Esper yang akan didapatkan secara otomatis sesuai alur cerita.


Belias muncul dalam kepercayaan Kristiani yang berarti "Ayah Kebohongan" (Father of Lies). Muncul juga dengan berbagai nama seperti Belial, Matanbuchus, Mechembuchus atau Meterbuchus. Dia adalah iblis yang melambangkan kejahatan dan kesia-siaan. Dalam bahasa Perancis kata Belial hampir mirip dengan kata Belier yang berarti Aries. Dalam Goetia, Belial adalah seorang raja yang kekuatannya melebihi 50 legiun dan dia diciptakan sesudah Lucifer. Biasanya digambarkan sebagai 2 malaikat yang duduk di sebuah kereta perang yang terbakar. Tujuannya adalah untuk mempopulerkan sihir.


44. Adrammelech, the Wroth

Adrammelech memiliki elemen petir dan hanya muncul dalam FF XII. Dia adalah perwujudan dari zodiac Capricorn. Penggambarannya lebih mirip naga daripada kambing. Jurus andalannya adalah Judgement Bolt.


Adrammelech adalah dewa yang biasa disebut Baal Adramelech dalam mitologi Assyria. Konon dalam pemujaannya, membutuhkan tumbal berupa seorang anak kecil. Dari penjelasan orang Yunani, anak kecil yang dipersmbahkan harus dibakar atau diletakkan di sebuah patung dewa dari perak yang sedang membara. Adramelech juga digambarkan sebagai iblis dalam tradisi Judeo-Kristiani, yang biasanya digambarkan dengan bagian dada dan kepala berupa manusia dan sisanya seperti burung merak.


45. Zalera, the Death Seraph

Zalera muncul sebagai Esper dengan wujud yang mengerikan, yaitu berupa sosok malaikat kematian dimana tangan kanannya ada sosok wanita. Jurus mematikannya adalah Condemnation yang memiliki elemen kematian (death element). Dia melambangkan zodiac Gemini.


Zalera mungkin adalah anagram dari Azrael, nama Malaikat Kematian dalam Islam dan Kristen. Dalam Islam, lebih mengenalnya dengan nama Izrail atau Azraeli dalam bahasa Ibrani. Al’quran tak pernah memakai nama ini, melainkan menggunakan nama Malak-al-Maut. Namanya berarti Yang Membantu Tuhan. Berdasarkan sudut pandang dari beberapa kepercayaan, Azrael digambarkan bertempat tinggal di Surga Tingkat Tiga. Dia memiliki 4 muka, 4.000 sayap dan diseluruh badannya terdiri dari mata dan lidah (jumlahnya tergantung dari manusia yang hidup di bumi). Tugasnya adalah mencatat nama dari manusia yang lahir dan mati dalam sebuah buku yang sangat besar.


46. Zemhazai, the Whisperer

Zemhazai melambangkan zodiac Sagitarius dengan jurus andalan Soul Purge. Digambarkan sebagai setengah wanita setengah kuda.


Nama Zemhazai diperoleh dari nama malaikat yang turun bernama Samyaza. Nama Samyaza sendiri diartikan sebagai “pemberontakan yang buruk”. Samyaza adalah pimpinan malaikat yang berhubungan secara langsung dengan manusia (sesuai dengan pernyataan Injil). Konon, dalam Al’quran juga disebutkan bahwa Samyaza tidak mau mengasihi Nabi Adam sehingga dia diturunkan ke bumi.


47. Hashmal, Bringer of Order

Hashmal adalah Esper dengan elemen bumi yang melambangkan zodiac Leo. Jurus pamungkasnya adalah Gaia's Wrath.


Dalam Ibrani modern, nama Hashmal berarti “beraliran listrik”. Dalam bahasa Jepang, Hashmalim adalah tingkatan kedua untuk malaikat dalam kepercayaan Yahudi dan Kristiani. Dengan pimpinan malaikatnya yang bernama Hashmalim. Dalam kepercayaan Yahudi, pernah disebutkan bahwa Hashmal yang mencegah Abraham saat akan menumbalkan anaknya.


48. Exodus, the Judge-Sal

Exodus yang melambangkan zodiac Libra ini adalah Esper tanpa elemen. Jurus paling mematikannya adalah Meteor.


Nama Exodus, dalam bahasa latin berarti “kabur”. Sedangkan dalam bahasa Yunani, ex (keluar) dan hodos (jalan), yang memiliki arti “jalan keluar”. Adalah sebuah peristiwa bersejarah dalam kepercayaan Kristiani saat Nabi Musa membawa bangsa Israel keluar dari bangsa Mesir Kuno. Saat itu Nabi Musa diberi tugas dari Tuhan untuk menyelamatkan Israel dari kekejaman Mesir Kuno. Dengan bantuan mukjizat dari Tuhan, dia membelah Laut Teberau sehingga dia dan bangsa Israel dapat menyeberanginya.


49. Cuchulainn, the Impure

Cuchulainn memiliki wujud yang relatif mengerikan sebagai Esper. Dia memiliki elemen racun dan melambangkan zodiac Scorpio.


Cuchulainn adalah pahlawan mitologis dari Irlandia yang muncul dalam kisah Ulster Cycle. Dia merupakan anak dari dewa Lugh dan Deichtine, dan mempunyai nama asli Setanta. Dia mendapat nama julukan Cuchulainn berawal saat masih anak-anak, dia membunuh anjing penjaga Culann. Saat berusia 17, dia melawan pasukan Ratu Medb dari Coccacht dalam cerita epic Tain Bo Cuailnge. Cuchulainn dalam mitologi Yunani dikenal dengan nama Achilles. Dia dikenal karena kebengisannya dalam perang, bahkan dia seperti monster yang entah membela kawan atau lawan.


50. Chaos, Walker of the Wheel

Chaos memiliki elemen udara dan melambangkan zodiac Taurus. Jurus andalannya yaitu Tornado. Chaos digambarkan sebagai manusia banteng yang duduk di sebuah tempat meditasi dan dikelilingi 4 pedang kesayangannya.


Chaos dalam bahasa Jepang mengandung kata ?? (Rinne) yaitu termasuk dalam Samsara, siklus tak terbatas kehidupan: lahir dan mati. Siklus ini juga dikenal dalam berbagai agama seperti Budha, Hindu dan beberapa kepercayaan India lainnya. Siklus ini yang kita kenal dengan nama reinkarnasi. Reinkarnasi adalah suatu kepercayaan dimana semua orang yang hidup akan terlahir kembali. Dia bisa saja terlahir sebagai binatang, tumbuhan, orang kaya, miskin dan lain-lain, tergantung dari amal dan cara hidupnya sebelumnya.


51. Ultima, the High Seraph

Ultima adalah Esper dengan elemen cahaya dan melambangkan zodiac Virgo. Jurusnya yang paling mematikan adalah Eschaton.


Ultima adalah kata terakhir dalam daftar suku kata. Kata ultima mengandung makna “yang terakhir” atau “yang tertinggi”. Dalam FF, jurus tertinggi Ultima adalah Eschaton. Eschaton sendiri berarti “akhir zaman” (kiamat). Eschatology adalah ilmu yang mempelajari tentang akhir zaman beserta tanda-tandanya.


52. Zodiark, Keeper of Precepts

Zodiark merupakan ultimate summon dalam FF XII. Jurus tertingginya adalah Final Eclipse yang sangat mematikan dan memiliki elemen kegelapan. Dia melambangkan zodiac Ophiucus (zodiac ke-13).


Zodiark digambarkan sebagai ular dengan sayap bebulu, hampir mirip seperti Quetzacoatl dari kepercayaan Aztec. Zodiark juga digambarkan seperti naga Bokunawa dalam mitologi Filipina. Mereka percaya bahwa Bokunawa dilukiskan sebagai ular raksasa dengan mulut sebesar danau, lidah berwarna merah, memiliki kumis seperti harimau, serta memiliki 2 pasang sayap dimana sepasang sangat besar dan yang sepasang lagi lebih kecil.


Sumber

1 komentar

Gw sukanya Moogle sama Vierra gmna tuh gan,..???

Nambain juga nich gan Malboro itu apa'an yauuuww,..???
... :D